Always Think From Another Side


Selamat datang, sugeng enjang, sugeng siyang, sugeng dalu sederek sekalian, sadayana. Lama nggak update nih blog. Setelah berkelana dan mengelana di negeri antah berantah sampai muntah-muntah. Berawal dari langganan sebuah situs tentang fotografi. Saya pun kedatengan ilham untuk berbagi beberapa tips dan trik ini.
1. Mungkin anda bisa lebih bijak untuk menggunakan uang lebih untuk membeli sebuah alat baru.
Banyak cara untuk mendapatkan foto yang bagus dengan objek yang sangat murah.
2. Pertimbangkan penggunaan tripod
Dalam keadaan tertentu tripod bisa jadi pilihan, terutama ketika kamu punya tremor –tangan yang bergetar ketika memegang sesuatu, :).
3. Bawa kamera-mu, kemana dan dimana saja.
Terkadang momen bisa muncul dimana saja. Kalau tak mau repot –bawa tas kamera kecil sama tripod–. Atau, jika kamu punya handphone berkamera, pakai dan usahakan beri catatan mungkin suatu saat kamu kembali ke tempat itu dengan kamera yang biasa kamu gunakan.
4. Buat list dari hasil bidikanmu
Mulai dari tempat, cuaca, pencahayaan, atau momen-momen yang selalu berkesinambungan (perayaan, upacara dan lain-lain)
5. Jangan pernah meremahkan objek-objek nggak penting
Dalam satu waktu mungkin tidak ada yang menarik di kamar atau di rumahmu, tapi coba lihat yang biasa dengan mata yang tidak biasa –fresh mind–. Mengingat banyak macam warna manusia, yang simple dari satu manusia itu pun jadi sesuatu yang tidak biasa 🙂
6. Nikmati proses belajarmu
Bagian yang paling menarik dari punya hobi fotografi adalah selalu dan selalu tidak pernah berhenti untuk belajar. Inspirasi ada di sekitarmu bung!. lihat dengan mata kamera dan kamu akan melihat berbagai kemungkinan yang tidak pernah kamu kira sebelumnya.
7. Cari sumber sebanyak-banyaknya
Kamu mungkin bisa ke http://www.fotografer.net atau website http://digital-photography-school.com untuk inspirasi sekaligus tips. Kalaupun tertarik dengan post-processing, belajar Photoshop. Hmm, usahain yang berbayar yah…
8. Eksperimen dengan settingan kameramu
Mungkin kamu tak pernah mengira kalau membidik gambar dengan kameramu bisa lebih fleksibel dan lebih kuat. Baca manual untuk mempelajari semua simbol yang ada di kameramu. Coba bidik satu objek dengan berbagai macam settingan untuk menciptakan efek yang kamu mau. Kalau kamu cek di
komputer kamu, cek EXIF data (biasanya ada di file properties).
9. Pelajari dasarnya
Banyak informasi tentang fotografi online yang bisa dipelajari. Mulailah dari komposisi. Terbukalah dengan semua fotografer yang berpengalaman untuk mencari tahu tentang tekniknya. Mulailah tahu dasarnya sebelum kamu mematahkan aturan dasarnya.
10.Ambil foto secara teratur
Coba untuk setiap hari. Jika tidak bisa, pastikan kamu punya waktu tertentu buat belajar secara teratur. Dan jangan pernah lupa apa yang kamu pelajari. Dan cara cepat untuk memotivasi dirimu sering-seringlah masuk forum, upload, menerima cercaan dan berbagai makian dan masukan.
11. Jangan pernah takut ber-eksperimen
Apalagi di era yang sudah menggunakan kamera digital ini. Go Crazy!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: