Always Think From Another Side

Tuhan


gibran sering berkata kalau dia tahu nomor handphone TUHAN.

dia juga bilang kalau TUHAN itu adalah kawannya; juga kawan semut, keong, dan kupu-kupu.

“itu kawanku TUHAN itu, ayah. baik TUHAN itu. kalau ayah nggak ada duit, nanti ibang telepon TUHAN,” kata gibran ketika asyik bermain tanah bersamaku suatu pagi dan kurekam dengan video ponselku.

kalau ada binatang kecil, seperti cecak atau kupu-kupu, yang dilihatnya mati di lantai rumah atau tanah, dia akan ngomong: “ayah, ini kawan TUHAN sudah mati.”

dia suka melihat binatang, tapi sekaligus penakut pada binatang. tontonan favoritnya di tivi adalah semua tayangan berbau binatang. gibran selalu bilang kalau ular itu baik, singa itu baik, buaya itu baik.

beberapa kali sudah kuingatkan: “bang, kalau yang namanya ular, singa, buaya, itu binatang jahat. lihatlah di tivi, dia makan binatang lain.” dan jawaban gibran membuatku tak bisa berkutik: “baiknya buaya itu, karena laparnya dia, terus dia makan kaki kerbau.”

pernah adiknya, nadya, demam cukup tinggi. dengan mimik serius, gibran meminta hp-ku. dia pencet-pencet tombolnya dengan asal. “telepon siapa, bang?” tanyaku. “sssttt, diam dulu kau ayah, ibang mau nelpon TUHAN, biar dikirim obat dedek.”

sudah sering kutanya berapa nomor handphone TUHAN agar aku pun bisa menelepon TUHAN bila aku sakit atau butuh uang, tapi gibran tak mau kasih tahu.

“mana mau TUHAN telepon-telepon ayah. akunya kawan TUHAN itu,” ucapnya. mendengar dia ngomong begitu, aku tersenyum; tapi sesungguhnya, dalam hati kecil, aku sangat malu. [www.jararsiahaan.com]

Tuhan itu ada dimana-mana, tak lekang diaNya ada untuk kita, diaNya juga yang akan memberi ketika kita meminta, diaNya yang akan ada ketika kita membutuhkanNya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: