Always Think From Another Side

Nasionalisme Sesaat


…Pertandingan itu penuh semangat, semua semarak dan saling mendukung, dari berbagai kota, dari berbagai wilayah, semuanya berteriak dan memberikan support semampunya, itulah sedikit gambaran yang tertera pada pertandingan Indonesia vs Korea Selatan pada Piala Asia 2007 kemaren, tampak rasa nasionalisme yang begitu menderu-deru, dan saya sendiri pun merasakan hal itu, seperti tersulut emosi saya, heroik. Indonesia yang bermodal semangat juang yang tinggi telah menunjukkan pada dunia bahwa mereka bisa, SALUTT!!! Indonesiaku, Piala Asia telah selesai pada kesempatan ini Iraq menjadi kampiun, sampai-sampai sebuah headline menyebutkan “Semoga ini jadi kemenangan irak untuk selamanya”, selang waktu berlalu saya menyempatkan diri pergi ke Bandung karena ada urusan sekalian relaksasi, sewaktu berada di angkot saya mendengar beberapa yel-yel yang sekiranya nggak pantes lah saya ungkapkan, ternyata saya mendengar cerita anak jakarta, ternyata sama-sama mengumandangkan yel-yel balasan, satu yang bisa saya simpulkan dari semuanya ini, saya setuju dengan pernyataan bahwasannya sepakbola ada pemersatu, setuju banged!!, yah ternyata lebih kiranya kita ini nasionalisme sesaat, yang tak bisa berbuat pada negara, tapi menunggu apa yang diberikan oleh negara, it was time to change, tidak dari siapapun, tidak dari manapun, cuman dari masing-masing anda, berubah!, Udah saatnya!!, kita berandil dalam negara ini.

Leave a Reply

Tag Cloud

